Kamis, 21 Februari 2013

PRINTER

Memperbaiki PRINTER ERROR "INK CARTRIDGE CANNOT BE RECOGNIZED"



Apakah Printer kesayangan anda bermasalah Blinking 5-7 x orange? Atau muncul pesan "The following ink cartridge cannot be recognized" pada layar monitor anda?
Solusi yang paling cepat adalah mengganti cartridge yang bermasalah dengan yang baru, namun gimana dengan anda yang msh belum punya dana buat beli yang baru?
Berikut beberapa solusi yang bisa anda lakukan :
Solusi Pertama :
- Buka cover printer
- Cabut cartridge (yg bermasalah)
- Tutup cover printer
- Matikan printer dan cabut kabel power
- Tunggu beberapa saat (kira-kira 5-10 menit)
- Hidupkan printer dan langsung buka cover printer
- Pasang cartridge tadi
- Matikan printer dan cabut kabel power
- Hidupkan kembali
- Jalankan test print
Jika masih bermasalah silahkan lakukan solusi berikut
Solusi Ke Dua :
- Hidupkan printer
- Ganti cartridge yg bermasalah dengan cartridge yg masih bagus (pinjem punya teman aja dlu)
- Matikan printer dan cabut kabel power
- Tunggu beberapa saat (kira-kira 5-10 menit)
- Hidupkan printer dan langsung buka cover printer
- Ganti cartridge yg bagus dengan cartridge yg bermasalah
- Matikan printer dan cabut kabel power
- Hidupkan kembali,
- Jalankan test print
Apakah masih error juga ? tenang saja kawan ada solusi terakhir …..
- Pergi ambil uang di bank trus
- Beli cartridge baru lalu pasangkan ke printer anda ^_^V
- Jalankan test print
Semoga Solusi ini bermanfaat kepada teman-teman yang mendapatkan printer Error "INK CARTRIDGE CANNOT BE RECOGNIZED"

Sumber: http://id.shvoong.com/writing-and-speaking/presenting/2080877-memperbaiki-printer-error-ink-cartridge/#ixzz2LWR0bsZB
Ahli Kompi - Mencegah lebih baik dari pada memperbaiki. Agar cartridge awet tidak cepat rusak, caranya hati-hati dalam pemakaian printer, perlu perawatan. Cartridge salah satu komponen printer yang sangat mudah rusak, jika tidak hati-hati dalam penggunaan. Cara ini dari pengalaman sebagai pengguna printer dan menjumpai beberapa kasus keluhan para pengguna printer, hanya sekedar sharing mungkin bisa berguna (baca juga : Pentingkah Saluran Pembuangan Infus pada Printer ?)

Berikut cara berlaku untuk cartridge :
- Canon 810 CL 811, PG 40 CL 41, atau yang sejenis.
- HP 21 22, 802, 60, atau yang sejenis.

Agar head cartridge awet alias tidak cepat rusak :
- Jangan sembarangan memilih tinta, belum tentu tinta dengan merk terkenal bagus untuk head printer. Untuk memilih tinta, mungkin artikel berikut bisa membantu,Dari pengalaman, permasalahan head buntu atau hasil cetak bergaris, sering terjadi akibat pemilihan tinta yang salah.

  • - Gunakan printer minimal 2 hari sekali untuk mencetak semua warna, untuk mencegah head buntu akibat tinta yang mengering.
  • - Tutuplah printer dengan kain jika tidak digunakan, terutama printer yang diinfus, seringkali debu berkumpul disekitar lubang tabung infus. Cara ini dilakukan untuk mencegah debu masuk bercampur dengan tinta, yang akhirnya menyumbat nozzle head cartridge. Lakukan cara ini terutama pada area banyak debu.
  • - Saat mencetak gambar full color, gunakan setting best/high/photo.
  • - Setiap mencetak 25 lembar hitam-putih, istirahatkan printer selama kira-kira 1 menit, kemudian baru melanjutkan untuk mencetak. Agar head cartridge tidak overheat. Biasanya bagi yang sering mencetak dalam jumlah banyak (seperti kantor, sekolah, rental, atau diburu tugas) tidak sabar melakukan hal ini, ya... akhirnya resiko cartridge rusaklah yang sering dijumpai. Akhir-akhir ini sering terjadi pada printer canon seri terbaru iP2770 cartridge 810 sering rusak hasil cetak bergaris.
  • - Setiap mencetak 4 lembar gambar full color, istirahatkan printer selama kira-kira 1 menit, kemudian baru melanjutkan untuk mencetak. Agar head cartridge tidak overheat.
  • - Hati-hati saat memegang cartridge, jangan menyentuh logam nozzle head cartridge, jangan sampai terjatuh, tergores.


Agar chip cartridge awet alias tidak cepat rusak :

  • - Jangan menyentuh bagian tembaga chip cartridge.
  • - Jangan sampai bagian tembaga chip cartridge terkena air atau tinta, akan menyebabkan konsleting.
  • - Jangan sampai bagian tembaga chip cartridge kotor.
  • Untuk menghindari chip rusak sebaiknya printer diinfus, sehingga cartridge tidak sering-sering dilepas untuk direfill. Bukan infusnya yang membuat awet chip cartridge, tapi catridge tidak sering-sering dilepas dipegang sehingga terhindar dari kelalaian memegang tembaga chip, chip terkena tinta, atau chip kotor.
Printer Infus biasanya di tujukan untuk pemakaian rutin dan mencetak halaman dalam jumlah yang cukup banyak, biasanya > 1500 hal per bulan.
TUJUAN Utama nya = HEMAT Biaya Cetak, Namun Kualitas cetak dan kapasitas cetak menjadi No. 2
Namun, seiring berjalannya waktu, Produsen Printer sudah mulai mengeluarkan produk Inovasi mereka yang memberikan solusi dalam penghematan biaya cetak menggunakan produk asli.
Epson = L series (Individual ink Tank dengan system CISS asli Pabrikan Epson)
HP = INK Advantage (Harga Tinta Cartridge yang Murah dan mampu mencetak hingga 1500 hal)
Canon = INK Efficiency (Harga Tinta Cartridge Sama dengan type Tinta pada Printer Standard Namun kapasitas cetaknya hingga 800hal)

Semua produk ini di keluarkan untuk menjawab kebutuhan pasar, memberikan hasil cetak maksimal, kapasitas cetak lebih banyak dengan Tinta ORI dan yang pastinya HEMAT Biaya hingga 40% vs Printer Inkjet Standard.

Kekurangan menggunakan Printer Infus MODIFIKASI / Non-Original, sbb:
1. Garansi Printer = Batal
2. Hasil cetak kurang baik, untuk cetakan warna seringkali warna nya me-redup (Agak gelap)
3. Hasil cetak ber-garis (Bending) dan blobor
4. Tidak cocok digunakan untuk yang mencetak < 1000 hal per bulan
5. Regular maintenance
6. Tahu cara bongkar pasang cartridge untuk membersihkan cartridge
7. Pemborosan Kertas, karena seringkali 7 dari 10 cetakan bermasalah, sehingga harus mengulang
8. Kotor dan bocor, karena tinta refill / isi ulang yang seringkali merepotkan pada saat isi ulang
9. Tidak cocok / rawan Printer nya dipindah tempat
10. Tidak ada standard pabrikan pengerjaan Infus/Modifikasi, jadi tergantung siapa yang mengerjakan

Dengan tersedia nya produk asli dengan harga murah memberikan SOLUSI buat pengguna printer untuk memilih produk yang cocok untuk kebutuhan pencetakan masing2.

Rabu, 20 Februari 2013

CARA MENGATASI CANON MP258 ERROR 5B00 ATAU P07


Cara Mengatasi Canon MP258 Error 5B00 atau P07


Printer Canon MP258 merupakan printer Multifunsi dari vendor Canon. Printer ini tergolong laris dipasaran, karena harga yang murah dan bisa digunakan untuk fasilitas scan dan copy.
Sebagaimana generasi sebelumnya, Canon MP258 ini juga diproteksi oleh Canon. Ketika jumlah maksimal print di memory MP258 ini  sudah terpenuhi atau full, maka printer MP258 akan berhenti beroperasi dengan memunculkan pesan di layar monitor Error 5B00 dan di panel LCDnya menunjukkan kode P07.
Berikut ini cara mengatasi MP258 yang error 5B00 atau P07 :
  1. Jika printer MP258 yang error 5B00 atau P07 dalam keadaan hidup, matikan printer MP258 tersebut dengan menekan tombol powernya. Tunggu sampai printer MP258 mati.
  2. Tekan dan tahan tombol Stop / Reset,  kemudian tekan dan tahan tombol Power. Jadi kedua tombol masih dalam keadaan tertekan.
  3. Lepas tombol Stop / Reset, kemudian tekan tombol Stop / Reset 2 x (jangan lepas tombol powernya).
  4. Kemudian lepaskan kedua tombol secara bersamaan.
    Printer MP258 yang error 5B00 atau P07 akan melakukan inisialisasi beberapa saat seperti ketika printer dicoba pertama pada saat beli. Tunggu sampai lcd panel pada printer MP258 yang error 5B00 atau P07 tadi menunjukkan angka 0 (nol).
  5. Printer MP258 akan terdeteksi sebagai device baru di komputer anda, walaupun tadinya sudah terpasang driver printer tersebut. Abaikan saja kondisi ini.
  6. Kondisi MP258 menampilkan angka 0 (nol) pada lcd panelnya menunjukkan bahwa MP258 dalam keadaan Service Mode dan siap untuk direset menggunakan software.
  7. Download program resetter MP258 untuk error 5B00 atau P07 di link ini : http://www.ziddu.com/download/12361840/ServiceTool_V1074MP258.zip.html
  8. Siapkan 2 kertas di MP258, karena nanti akan digunakan untuk proses reset.
  9. Buka program resetter MP258 untuk error 5B00 atau P07
  10. Klik “MAIN”, tunggu beberapa saat maka MP258 akan print dengan tulisan ” D=000.0 “
  11. Klik ” EEPROM Clear “, kemudian klik ” EEPROM “, MP258 akan print 1 lembar lagi. Salah satu barisnya tulisannya  : TPAGE(TTL=00000 COPY=00000)
  12. Kemudian matikan MP258  dengan menekan tombol Power.
  13. Selesai.
Printer MP258 yang error 5B00 atau P07 sudah siap anda gunakan lagi.
Selamat mencoba!

Cara Mudah Merawat Printer Agar Awet dan Tahan Lama

Merawat lebih mudah daripada memperbaiki. Hal ini juga berlaku untuk printer anda yang butuh perawatan yang rutin sehingga bisa awet dan tahan lama.
Dan merawat printer tidak akan menyita waktu anda, karena hanya butuh beberapa menit saja. Berikut ini artikel tentang cara mudah merawat printer agar awet dan tahan lama. Mari kita simak bersama!
Cara Mudah Merawat Printer Agar Awet dan Tahan Lama:
  • Gunakan printer anda secara teratur dan berkala, minimal seminggu sekali.
Seringkali kita menjumpai hasil print dengan kualitas cetak yang kurang bagus, ada garis putih melintang, ataupun ada salah satu warna yang tidak keluar. Bahkan lebih parah lagi hasil print tidak kelihatan sama sekali.
Merawat printer dengan menggunakan printer secara berkala dan teratur ini akan menjaga agar tinta tetap mengalir dan membasahi nozzle tempat keluarnya tinta. Karena diameter nozzle ini sangat kecil sekali, maka akan sangat rawan terjadi kebuntuan akibat tinta kering yang tidak mengalir. Dan akibatnya head catridge bisa rusak, padahal harganya hampir sama dengan beli printer baru. Maka rawat printer anda agar hal ini tidak terjadi.
Tips : Anda bisa letakkan catatan kecil di depan monitor anda untuk mengingatkan agar selalu melakukan pencetakan setiap minggu secara rutin, baik untuk warna hitam maupun warna yang lain. Gunakan untuk mencetak foto ataupun gambar yang kaya warna.
  • Segera isi / refill jika tinta printer anda habis.
Cara merawat printer no 2 ini juga akan membuat awet dan tahan lama terhadap head catridge printer anda.

  • Matikan printer secara benar dengan menekan tombol powernya.
Cara merawat printer no 3 ini akan membuat head catridge printer anda selalu bersih dan terjaga dari kebuntuan. Karena dengan menekan tombol power untuk mematikan, maka printer akan secara otomatis melakukan pembersihan permukaan head sebelum parkir di tempatnya.
Jangan mematikan printer dengan mencabut kabel power secara langsung.
  • Jangan menggunakan kertas yang kotor dan berdebu
Jika anda menggunakan kertas yang kotor dan berdebu untuk mencetak, maka ini akan mengotori roll penarik kertas, dan lama kelamaan akan menyebabkan cepet aus dan akhirnya rusak. Efeknya adalah printer tidak akan bisa untuk menarik kertas.
Jadi cara merawat printer no 4 ini juga harus anda lakukan agar printer anda awet dan tahan lama.
  • Tutup printer dengan cover plastik agar debu dan kotoran tidak menempel ke printer.
Demikian cara mudah merawat printer agar awet dan tahan lama.

CARA MENGATASI CANON IP2770 ERROR 5200


Cara Mengatasi Canon iP2770 Error 5200

Jan 27, 2011 by Under Tips & Trik - 214 Comments  
Printer Canon iP2770 merupakan printer ekonomis keluaran terbaru dari vendor Canon. Sebagaimana saudara-saudaranya sebelumnya, printer Canon iP2770 ini juga tidak luput dari masalah error yang akhir-akhir ini mulai muncul dan banyak diperbincangkan terutama di dunia maya.
Salah satu masalah printer iP2770 ini adalah keluar error 5200 pada saat akan mulai proses print. Dan kalau dihitung jumlah blinkingnya yaitu 8x orange 1x hijau. Bagaimana cara mengatasinya?
Indikasi iP2770 error 5200 :
Pada saat printer iP2770 dihidupkan, printer ini akan melakukan inisialisasi ditandai dengan berkedipnya led hijau sampai led hijau menyala penuh. Printer iP2770 ini kelihatan normal dengan menyalanya led hijau ini. Tapi pada saat dilakukan print test ataupun print dokumen, tiba-tiba printer berhenti dan muncul error 5200 di layar monitor kita. Dan printer akan mengalami blinking dengan orange 8x hijau 1x.
Penyebab iP2770 error 5200 :
Printer ini menggunakan catridge tipe PG810 untuk hitam, dan CL811 untuk catridge warnanya. Ternyata kedua catridge ini memiliki sensor tekanan temperatur. Dan apabila sensor tekanan temperatur mendeteksi salah satu catridge ternyata ada masalah, maka printer iP2770 akan memunculkan pesan error 5200. di layar monitor. Dan ternyata yang sering bermasalah adalah catridge warnanya CL811.
Cara Mengatasi Canon iP2770 Error 5200 :
Cara Pertama :
Cara ini adalah cara yang paling mudah tapi mengeluarkan banyak uang yaitu dengan mengganti catridge warna iP2770 yang error 5200 tersebut, maka masalah pun teratasi.
Cara Kedua :
  • Printer iP2770 dalam keadaan mati dengan kabel listrik terpasang.
  • Tekan tombol RESUME 2 detik dan tahan, kemudian tekan tombol POWER sampai led hijau nyala.
  • Kemudian lepas tombol RESUME, tapi jangan lepas tombol POWER.
  • Sambil tombol POWER masih tertekan, tekan tombol RESUME 5 kali. Led akan menyala bergantian orange hijau dengan nyala terakhir orange.
PENTING : jangan sampai keliru hanya 4x tekan RESUME, karena printer akan mati total, tapi sifatnya sementara. Kalau hal ini terjadi, lepas kabel USB dan kabel listrik. Diamkan selama 2-4 jam, kemudian coba printer anda.

  • Lepaskan kedua tombol bersamaan.
  • Led hijau akan berkedip  sebentar dan kemudian akan nyala penuh.
  • Dan Komputer akan mendeteksi hardware baru, abaikan saja.
  • Tekan tombol POWER, maka printer akan mati.
  • Tekan lagi tombol POWER maka printer akan nyala dan iP2770 yang tadi error 5200 sudah siap digunakan kembali.
Oya cara mengatasi iP2770 error 5200 yang kami jelaskan, sifatnya sementara sampai listrik dicabut. Jadi kalau listrik tercabut maka iP2770 akan error 5200 lagi. Dan cara mengatasinya yaitu ulangi langkah diatas.
Selamat mencoba!

Cara Self Test Printer HP dan Canon

Feb 27, 2011 by Under Tips & Trik - 18 Comments  
Jika anda seorang tehnisi komputer ataupun anda yang sedang berusaha memperbaiki printer anda sendiri, mungkin trik ini akan sangat berguna bagi anda untuk mempercepat pekerjaan servis anda. Trik kali ini adalah tentang Cara Self Test Printer HP dan Canon. Dengan menggunakan trik  self test printer ini, anda tidak perlu menggunakan komputer ataupun laptop untuk melakukan test print printer HP dan Canon anda. Anda hanya cukup menggunakan konfigurasi tombol yang ada di printer anda.
Cara Self Test Printer HP D2566 :
  • Siapkan kertas 1-2 lembar di paper tray HP D2566
  • Hidupkan Printer HP D2566 anda.
  • Tekan tombol power dan tahan jangan di lepaskan. ( karena kalau dilepaskan printer akan mati )
  • Kemudian tekan tombol panah (resume) 4x (empat kali)
  • Kemudian lepas tombol power HP D2566 tersebut, dan HP D2566 akan melakukan self test print.
Cara Self  Test Printer HP 3325, 3535, 3744, 3920, 3940, 2466 :
  • Siapkan kertas 1-2 lembar di paper tray printer HP anda
  • Hidupkan Printer HP anda.
  • Tekan tombol power dan tahan jangan di lepaskan. ( karena kalau dilepaskan printer akan mati )
  • Kemudian lakukan “buka-tutup” cover printer atau tutupnya printer 4x (empat kali “buka-tutup”), jangan sampai kurang dengan kondisi terakhir printer menutup,
  • Kemudian lepas tombol power printer HP anda, dan printer HP anda akan melakukan self test print.
Cara Self  Test Printer Canon IP1200, IP1300, IP1600, IP1700, IP1880, IP1980, dll :
  • Siapkan kertas 1-2 lembar di paper tray printer Canon anda
  • Hidupkan Printer Canon anda.
  • Tekan-tekan tombol resume 4x (empat kali)  secara cepat,  jangan sampai kurang.
  • Dan printer Canon anda akan mulai melakukan self test print.
Selamat mencoba!

Cara Reset Printer Canon IP1980 Secara Total

Aug 28, 2011 by Under Tips & Trik - 118 Comments  
Bagi Anda yang mempunyai Printer Canon IP 1980, mungkin suatu saat akan mengalami pinter yang Anda pakai tidak bisa langsung mencetak dokumen, lampu indikator berkelap-kelip dan muncul pesan “The ink absorber is almost full”.

Solusi sementara yang mungkin Anda lakukan adalah menekan tombol RESUME seperti yang diperintahkan dalam pesan tersebut. Untuk sementara Anda bisa mencetak dokumen, tetapi kejadian ini terus berulang dan bahkan mungkin sampai printer tersebut hanya menampilkan lampu indikator yang nge-blink saja, tidak bisa ngeprint sama sekal.

CARA MENGATASI CANON IP 1880 BLINK 4X ORANGE 1X HIJAU


Cara Mengatasi Canon iP1880 Blink 4x Orange 1x Hijau

Feb 14, 2011 by Under Tips & Trik - 46 Comments  
Printer iP1880 adalah printer keluaran vendor Canon yang cukup laris di pasaran. Printer Canon iP1880 ini memiliki kualitas cetak yang baik dengan resolusi cetak 4800 X 1200 dpi. Dan kecepatan cetaknya juga bagus yaitu Black Text (Normal)   = 13.3  ppm (draft) dan Photo ( 10 x 15 cm) = 72 sec /Photo.
Sedangkan kelemahan printer Canon ini sama dengan generasi pendahulunya, yaitu banyaknya proteksi yang dipasang di printer iP1880 ini oleh vendor Canon. Hal ini memang untuk mendorong pengguna agar mengganti catridgenya apabila habis tintanya. Salah satu masalah yang mungkin pernah anda alami adalah canon iP1880 blink 4x orange 1x hijau. Anda tidak perlu khawatir, blink 4x orange 1x hijau canon iP1880 ini bisa dengan mudah anda  atasi. Mau tahu caranya ? Continue reading »

ALL DRIVER PRINTER CANON FOR WINDOWS 9X /XP / VISTA / 7

All Driver Printer Canon For Windows 9x / XP / Vista / 7

.
 
Driver adalah perangkat lunak atau juga lebih dikenal dengan sebutan Software yang diperlukan oleh semua sistem operasi komputer untuk dapat berkomunikasi dengan perangkat keras atau biasa di sebut Hardware

Biasanya setiap anda membeli perangkat computer baru disitu akan disertakan CD Driver, dari uraian diatas anda pasti sudah mengerti betapa pentingnya Driver untuk memaximalkan kinerja daripada mesin printer anda, jadi CD Driver inilah yang harus anda simpan secara baik-baik supaya tidak rusak atau hilang. Kalau CD Driver sampai rusak atau hilang anda juga bisa mencari lewat Internet atau sebelum anda meng-Install ulang PC / Laptop anda, sebaiknya anda mem-Backup Driver dengan menggunakan Software DriverGenius Professional atau Driver Max

Untuk itu saya sediakan link download untuk driver printer canon semoga bermanfaat
  • Driver Printer Canon Pixma iP 1900 Series For Windows 9x / XP / Vista / 7---> DOWNLOAD
  • Driver Printer Canon Pixma iP 1800 / 1880 For Win 9x / 2000 / XP / Vista / 7---> DOWNLOAD
  • Driver Printer Canon Pixma iP 1200 For Win 2000 / XP/ Vista / 7---> DOWNLOAD 
  • Driver Printer Canon Pixma iP 1500 For Win 2000 / XP/ Vista / 7---> DOWNLOAD
  • Driver Printer Canon Pixma iP 1700 For Win 2000 / XP/ Vista / 7 ---> DOWNLOAD 
  • Driver Printer Canon i450 For Win 2000 / XP / Vista / 7---> DOWNLOAD
  • Driver Printer Canon i355 For Win 2000 / XP / Vista / 7 ---> DOWNLOAD 
  • Driver Printer Canon 510 Series For Win 2000 / XP / Vista / 7 ---> DOWNLOAD 
  • Driver Printer Canon Pixma BJC S200Spx For Win 2000 /XP / Vista / 7 ---> DOWNLOAD 
  • Driver Printer Canon MX 308 For Win 2000 / XP / Vista / 7 ---> DOWNLOAD 
  • Driver Printer Canon MP 145 All In One For Win 2000 /XP / Vista / 7---> DOWNLOAD
  • Driver Printer Canon BJC 2100SP For Win 2000 / XP / Vista / 7 ---> DOWNLOAD
  • Driver Printer Canon i255 For Win 9x / 2000 / XP / Vista / 7 ---> DOWNLOAD
  • Driver Printer Canon BJC 1000SP For Win 2000 / XP / Vista / 7 ---> DOWNLOAD
  • Driver Printer Canon Pixma IP 1000 For Win 2000 / XP/ Vista / 7---> DOWNLOAD
Jika seri printer canon anda tidak ada maka bsa download disini 


CARA MEMPERBAIKI CARTRIDGE PRINTER RUSAK ATAU KERING

Cara memperbaiki cartridge printer rusak atau kering


Tips memperbaiki cartridge rusak atau kering , setelah Berulang-ulang kali mengelamai kemacetan tinta, saya mencoba memperlajari kerusakan yang terjadi, dan malah menjadi tambah rusak, tapi karena tidak putus asa saya akhirnya menemukan tips memperbaiki cartridge rusak atau kering dari berbagai kasus kerusakan printer atau cartridge yang ada, hal ini perlu ketelitian dan sedikit kesabaran, hitung-hintung melatih kesabaran
Ingat Langkah-langkah memperbaiki cartridge rusak ini dilakukan dengan resiko anda sendiri, dan jangan lalukan kalo anda masih ragu.

I. Tahap Sederhana


Bila Printer sudah lama tidak dipakai, kemudian ingin diperbaiki lagi, alangkah baiknya head cartridge printer direndam diair hangat (untuk memperlancar tinta yang beku).Ingat Air hangat hanya merendam bagian bawah atau printhead cartridge.
Rendam selama -/+ 15 menit, kemudian tiriskan sampai kering (bisa di lap perlahan dengan kain halus).

Apabila tinta masih tidak keluar, kita masuk ketahap yang sedikit lebih rumit.

II. Tahap Rumit


buka bagian atas penutup cartridge dengan cara mencongkelnya memakai alat sejenis obeng (min) yang lancip. Ingat hati2 jangan sampai pecah atau patah

Setelah Terbuka, anda akan menemukan busa didalam cartridge, lepaskan busa secara perlahan, cuci hingga bersih, hal ini dikarenakan banyaknya tinta yang mengering hingga menyumbat bagian dari serat busa.
Keringkan Busa dengan tenaga matahari

Bersihkan juga tank (bak) cartridge dengan menggunakan tissue atau bahan kain yang lembut.

Setelah Semua Proses Selesai pengeringan dll, pasang lembali busa.

Tutup tank (bak) dengan lem perekat sejenis power glue.

Pada saat pengeleman yang perlu di perhatikan, jangan sampe kena contact chip atau kuningannya.

Setelah Semua Proses Selesai tambahkan/suntukan tinta kira-kira 30% dari tank. biarkan tinta meresap, tunggu 15 menit.

Sebenarnnya Beres, tapi akan lebih baik, Setting di cleaning, pada properties printer anda, lakukan berulang kali.


Begitulah beragam kendala yang bisa terjadi pada printer karena rentan yang di sebabkan tinta printer yang membeku.
Sedikit Tips* Kerusakan printer hampir 80% karena cartridge, hal ini kebanyakan terjadi karena printer sudah terlalu lama tidak dipakai sehingga tintanya membeku atau mengering, lalainya kita saat pengisian, penekanan udara jarum suntik pada cartrigde ternyata sangat berpengaruh untuk terjadi kerusakan pada cartgride, sedikit pelan untuk menekan carthrigde, karena bisa terjadi kebocoran pada busa yang mengakibatkan chip jadi rusak.

Tidak ada komentar

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar